Senin, 28 Februari 2011

The Gift, Danielle Steel

Rio Apinino, 1006697166
Library and Information Science



Keluarga John whittaker adalah keluarga yang nyaris sempurna, memiliki 2 anak dari istrinya yang cantik Elisabeth Whittaker (Liz), yaitu Tommy dan Annie. Kehidupan mereka mapan di sebuah kota kecil. John dan Elisabeth saling mencintai sejak bertemu di bangku SMA, begitu pula dengan anak-anak mereka yang saling menyayangi. Tommy sangat mencintai adiknya yang berumur kira-kira 5 tahun, Annie.

Namun, tanpa disangka kehidupan keluarga ini berubah ketika Annie meninggal sehabis malam Natal, sakit meningitis menurut dokter. Setelah kematian Annie, keluarga ini begitu hancur, tidak ada tegur sapa diantara mereka. John dan Liz saling menyalahkan atas kematian Annie, bahkan hal-hal kecil dapat membuat pertengkaran besar. John mulai malas bekerja, nilai Tommy di sekolah turun, dan Liz sering menangis mengingat

anaknya.

Di lain tempat, ada seorang anak pendiam namun pintar yang hidup dengan keluarga yang keras, Maribeth namanya. Ayahnya adalah seorang yang berpendirian keras dan kasar. Suatu ketika Maribeth datang ke pesta, hal yang sangat jarang dia lakukan. Sampai suatu kecelakaan terjadi, Maribeth hamil oleh orang yang baru dikenalnya dimalam itu, Paul Browne. Namun Paul tidak mau bertanggung jawab. Maribeth diusir dari rumah menuju biara Sister of Charity. tapi dia tidak tahan hidup di sana dan kabur. Maribeth menaiki bis kota tujuan Chicago, tetapi ditengah perjalanan Maribeth turun. Maribeth memulai hidup baru dengan tinggal di kota Omaha, menjadi seorang pegawai restoran setelah dibantu oleh kenalannya, Julie.

Hari pertama bekerja, Maribeth bertemu dengan Tommy, seorang misterius yang selalu makan di sana. Mereka berkenalan, Tommy menyukai Maribeth. Tommy adalah anak yang pada awal cerita novel ini kehilangan adik tercintanya dan keluarganya telah hancur. Mereka semakin hari semakin dekat sampai pada akhirnya Tom tahu bahwa Maribeth hamil setelah bermain-main di danau. Tom memeriksakan kandungan Maribeth ke Dr. MacLean, Dokter pribadi ibunya Tom, Liz.

Orang tua Tom akhirnya tahu tentang Maribeth, awalnya kaget, namun setelah mereka berkenalan dengan Maribeth, keluarga Tom menerima dengan iklas dan banyak membantu. Keluarga Tom berubah sejak kedatangan Maribeth, keluarga mereka kembali seperti dulu, ceria, dan penuh kasih sayang. Maribeth dirawat oleh keluarga itu, hubungan Maribeth dengan Liz sangat dekat, Maribeth sering menceritakan kehidupannya, tentang Ayahnya yang otoriter, Ibunya yang penurut, dan adiknya.

Setelah 9 bulan kandungan, Maribeth pun melahirkan saat Natal. Anak Maribeth diberi nama Kate. Setelah berpikir keras, Maribeth menyerahkan anaknya kepada keluarga Liz karena Maribeth merasa tidak mampu merawat anaknya. Akhirnya, Maribeth pulang kepada orangtuanya, Maribeth berjanji akan kembali lagi kesana saat lulus SMA. Maribeth telah memberi hadiah terindah bagi keluarga Liz, Kate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar