Jumat, 14 Januari 2011

Lelaki Pendek, Hitam, dan Lebih Jelek Dari Untanya

Ketika pertama kali melihat cover buku ini, saya pikir buku ini berisi cerpen dengan satu cerita didalamnya, namun setelah membaca buku ini lebih lanjut, ternyata tidak demikian, buku ini terdiri dari berbagai macam cerita yang sarat akan hikmah-hikmah kehidupan.

Buku karya Ahmad Zairofi AM ini berkisah tentang bermacam prinsip hidup yang dicontohkan berbagai macam orang, setiap kisah dalam buku ini membuat diri kita kembali berkaca pada diri sendiri tentang makna kehidupan yang sebenarnya. Pengalaman adalah guru terbaik, atau dalam buku ini bisa kita ‘pelesetkan’ menjadi sejarah adalah guru terbaik, memang begitu adanya, sejarah kehidupan manusia terlalu banyak menyimpan pelajaran berharga yang tidak mungkin dilupakan begitu saja untuk tidak dijadikan peajaran dimasa sekarang.

Banyak hikmah-hikmah yang dapat kita ambil setelah membaca buku ini, diantaranya: bagaimana kita hidup ditengah masyarakat yang hanya melihat harga orang lain dari nampak luarnya saja. Bagaimana kita harus menghargai jasa orang lain walau sekecil apapun. Bagaimana menjadi pemimpin yang baik seperti yang dicontohkan Umar Bin Khotob, “pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tahu kapan dia harus turun dari tampuk kepemimpinan” sesuatu yang sangat langka terjadi di negeri kita ini. Dan masih banyak lagi hikmah-hikmah yang bisa kita dapat disetiap ceritanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar